Selamat Datang

Selamat datang di website resmi/subdomain Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo di http://dinppkp.purworejokab.go.id/, terima kasih.

Selasa, 22 September 2015

Pelatihan Agensia Hayati 2015

Pelatihan Pengembangan Agensia Hayati dan Pestisida Nabati Tahun Anggaran 2015
Pelatihan Agensia di Desa Pakisrejo Kec. Banyuurip
Dalam rangka peningkatan pemanfaatan musuh alami dan pestisida nabati, Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo melalui UPT Pengembangan Agensia Hayati pada tahun 2015 mentargetkan terlaksananya 5 (lima) paket pelatihan bagi petani, masing-masing selama 2 (dua) hari. Sampai dengan bulan September telah terlaksana 4 (empat) paket pelatihan yang diselenggarakan di Desa Ngombol Kecamatan Ngombol, Desa Sukowuwuh Kecamatan Bener, Desa Sedayu Kecamatan Loano, dan Desa Pakisrejo Kecamatan Banyuurip (21-09-2015).

Lihat foto selanjutnya di sini

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah : 
  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani
  2. Meningkatkan penggunaan bahan-bahan alami dalam pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT)
  3. Menurunkan tingkat ketergantungan petani terhadap pestisida kimia. 
Narasumber berasal dari UPT Pengembangan Agensia Hayati dan dinas/instansi terkait serta KTNA Kabupaten Purworejo selaku mitra kerja. Materi meliputi : Kebijakan Pemerintah dalam Pengendalian OPT, Ekologi Tanah, Pemanfaatan Agensia Hayati dan Pengenalan Tanaman Sumber Pestisida Nabati dan cara pembuatannya. 

Perbanyakan Trichoderma sp. (Desa Pakisrejo, 22-09-2015)
Dari kegiatan ini diharapkan petani mampu meramu pestisida dari bahan-bahan nabati yang tersedia di sekitar tempat tinggal, mampu mengembangkan dan menjaga keberadaan musuh alami hama dan penyakit tanaman. 


Sumber : Diedit dari kiriman Ir. Siti Lestari, MM (Kepala UPT Pengembangan Agensia Hayati DPPKP Kab. Purworejo)

Tidak ada komentar:

Kurs Mata Uang Hari ini