Selamat Datang

Selamat datang di website resmi/subdomain Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo di http://dinppkp.purworejokab.go.id/, terima kasih.

Selasa, 29 September 2015

Demplot Kedele di Kutoarjo

Upaya pemerintah untuk mencapai swasembada pangan pada tahun 2017 dilakukan melalui peningkatan produksi padi, jagung dan kedele (pajale) secara intensifikasi dan perluasan areal. Sentra produksi kedelai dimulai dari Kecamatan Pituruh, kemudian Butuh dan Kemiri, saat ini memasuki Kecamatan Kutoarjo. Tahun 2015, Kelompok Tani Ngudi Rahayu Kelurahan Katerban mendapat alokasi demplot penanaman kedelai seluas satu hektar.
Demplot ini bertujuan sebagai percontohan untuk masyarakat tani agar dapat melihat secara langsung mengenai budidaya kedelai, karena untuk mencapai produksi lebih dari 75 persen, biasanya setelah melakukan penamanam sebanyak tiga kali. Untuk penanaman pertama dan kedua, produksinya relatif masih rendah, setelah penanaman ketiga dan selanjutnya baru akan terlihat hasil yang signifikan dengan catatan tanpa gangguan hama/penyakit atau gangguan alam dan dengan adanya kemajuan teknologi pertanian, masalah hama/penyakit relatif dapat dikendalikan melalui pemberian hormon tertentu yang dicampurkan dengan benih.
Rencananya akan dilaksanakan oleh dua Kelompok Tani Ngudi Rahayu dan Maju Makmur dengan luas arel 10 hektar, tetapi realisasinya tidak dapat terpenuhi, karena tanah sudah sangat kering, sehingga tidak memungkinkan untuk penanaman. Kondisi ini terjadi akibat terlambatnya masa tanam rendeng yang mempengaruhi mundurnya musim panen gadu.
Selama tiga hari jajaran Koramil Kutoarjo turut membantu melaksanakan penanamam benih kedele, setiap hari ada lima orang anggota Koramil Kutoarjo bergantian membantu penanaman kedele di area demontrasi plot dan sawah sekitarnya..

Tidak ada komentar:

Kurs Mata Uang Hari ini