Selamat Datang

Selamat datang di website resmi/subdomain Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo di http://dinppkp.purworejokab.go.id/, terima kasih.

Rabu, 14 Desember 2016

Antusiasme Anggota KTNA Kecamatan Bener

Rabu Pon, 14 Desember 2016 pertemuan rutin Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Bener yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamtan Bener. Pertemuan dipimpin oleh Bp Sam Rofiq, SPKP selaku Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Bener dan Bp Achmad Ngasim selaku pengurus KTNA Kecamatan Bener. Anggota KTNA yang hadir 50 orang dari 90 lebih kelompok tani (poktan) di Kecamatan Bener.
Materi yang disampaikan, pertama mengenai Hama/Penyakit Tanaman Padi yang disampaikan oleh Pengamat Hama DPPKP Kabupaten Purworejo  (Bp. Kokok Wahyudi). Pada Musim penghujan ini banyak tanaman padi yang masih muda, diserang oleh tikus dan Keong Emas, sehubungan dengan itu telah disiapkan pestisida/bahan kimiawi Storm untuk pengendalian tikus dan Sibutox untuk Keong Emas.
Materi kedua disampaikan oleh Bp. Martanto anggota kelompok Tani Harapan Makmur dari Desa Ngasinan Kecamatan Bener. Pak Martanto adalah pengusaha Keripik Pisang dengan nama niaga/pasaran “Bangkit”.  Beliau menawarkan kerjasama dengan poktan yang lain dalam hal penyediaan bahan baku pisang raja nangka. Selama ini beliau bekerjasama dengan anggota Poktan Harapan Makmur, tetapi karena area pasar semakin luas, maka membutuhkan bahan baku yang semakin banyak pula. Pemasaran Keripik Pisang Bangkit ini sudah mencapai luar kota, yaitu : Magelang, Yogyakarta, Kebumen, Tegal, Semarang, Purwakarta dan Jakarta. Pak Martanto siap menampung hasil panen Pisang Raja Nangka dari petani dan Poktan di Kecamatan Bener. Anggota KTNA Kecamatan Bener menanggapi dengan antusias. Semoga usaha Pak Martanto ini semakin sukses, Aamiin.

Setelah laporan keuangan KTNA, acara diakhiri dengan pembagian bahan kimia untuk pengendalian tikus dan keong emas.


Kiriman (diedit) : Hapsari Wara Prabandari PPL Kec. Bener
Kembali ke beranda

Tidak ada komentar:

Kurs Mata Uang Hari ini