Selamat Datang

Selamat datang di website resmi/subdomain Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo di http://dinppkp.purworejokab.go.id/, terima kasih.

Senin, 06 Maret 2017

Wisata Petik Melon

Kunjungan monev dari Direktorat Penelitian UGM ke Green House (03-03-2017)


Kelompok tani Makmur 05 Desa Depokrejo, Kecamatan Ngombol pada hari Jum’at, 3 Maret 2017 mulai bisa memanen Melon Hikapel. Saat ini dibuka bagi umum untuk memetik buah melon sendiri dengan harga Rp15.000/kg. Green house yang beralamat di jalan selatan-selatan (Jalan Daendeles) Desa Depokrejo Kecamatan Ngombol, pengunjung bisa memilih dan memetik buah melon. Kelompok tani Makmur 05 menjalin kerjasama dengan peneliti UGM dengan melibatkan P.T. Gama Multi Usaha Mandiri sebagai pemasar buah serta P.T. Raja Pilar Argotama sebagai pemasar benih.
Melon Hikapel merupakan jenis melon hasil riset peneliti UGM yang saat ini baru dibudidayakan di Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Blitar dan Yogyakarta. Budidaya yang dilakukan pada kelompoktani saat ini lebih ditujukan sebagai pembenihan, yakni bertujuan untuk menghasilkan benih Melon Hikapel, dengan harapan memenuhi syarat-syarat dan lolos uji, sehingga dapat dilepas untuk diedarkan. Apabila hal ini terwujud, maka kelompoktani dapat menjadi produsen benih Melon Hikapel.
Umur panen Melon Hikapel sekitar 55 hari dengan target jual ukuran berkisar 0,8 kg per buah, yaitu dengan cara memelihara 3 buah setiap pohon. Pada ukuran green house 11 m x 50 m, kelompok tani Makmur 05 dapat menanam sekitar 1.200 batang pohon melon. Lokasi green house berada di daerah panas, pesisir pantai yang merupakan daerah cocok untuk menanam melon. Hama/penyakit yang perlu diwaspadai terutama jika tidak ditanam di dalam green huose, sejenis Jamur Tepung, apalagi saat musim hujan dan juga hama lalat buah.

(Wahyudi, S.Pt., M.Sc. – Penyuluh Pertanian Muda)

Kembali ke beranda

Tidak ada komentar:

Kurs Mata Uang Hari ini