Selamat Datang

Selamat datang di website resmi/subdomain Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo di http://dinppkp.purworejokab.go.id/, terima kasih.

Kamis, 12 Januari 2017

Simbolis Penyerahan Kartu Tani Purworejo

Kamis (12/01/2017), tidak hanya di Purworejo, simbolis penyerahan (launching) kartu tani, juga dilakukan serentak di sejumlah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.
Sejumlah 32.507 petani di wilayah Kabupaten Purworejo menerima kartu tani pada saat launching kartu tani di Pendopo Kabupaten Purworejo.
Secara umum kartu tani dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu petani untuk mendapatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), penyediaan pupuk dan atau pengumpulan hasil panen.
Menurut Bupati Purworejo (Agus Bastian, S.E., M.M.), data yang dikumpulkan dapat digunakan oleh pemerintah untuk penyelarasan informasi baik bibit, jumlah produksi saat panen serta penyerapan oleh Bulog. Perbankan akan memberikan kredit kepada petani yang memiliki kartu tani untuk melakukan penanaman bibit dan secara bersamaan mendapatkan data waktu panen dan kebutuhan gudang agar dapat diserap oleh Bulog.
Bupati berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi kegiatan simbolis berupa pemberian kartu kepada petani, tetapi instansi terkait dan bank juga dituntut kerja kerasnya untuk merubah cara berfikir (mindset) para petani agar dapat diajak ke arah modernisasi pertanian. Apabila tidak ada pendampingan dan penyuluhan yang sungguh-sungguh, maka program yang diharapkan dapat mendorong swasembada pangan ini akan sia-sia belaka.
Plt. Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Purworejo (Drs.Said Romadhon) menjelaskan, dari jumlah petani 81.576 orang, kartu tani yang masih dalam proses sebanyak 49.069.
Dari rencana definitif  kebutuhan pupuk tahun ini, untuk Urea : 15.520 ton, SP 36 : 4.660 ton, ZA : 4.755 ton, NPK : 8.430 ton dan pupuk organik 6.500 ton. Jumlah petani tercatat 268.083 orang atau 38,85 persen dari jumlah penduduk Purworejo. Jumlah yang sudah tercatat dan masuk database kartu tani sekitar 2.615 kelompok.

Foto lainnya dihat di sini
Kembali ke beranda 

Tidak ada komentar:

Kurs Mata Uang Hari ini