Selamat Datang

Selamat datang di website resmi/subdomain Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo di http://dinppkp.purworejokab.go.id/, terima kasih.

Sabtu, 13 Oktober 2012

Purworejo Siapkan Kawasan Sentra Sapi

Dalam rangka menciptakan kawasan atau sentra Sapi, Kabupaten Purworejo melaksanakan kegiatan pengembangan ternak Sapi. Kegiatan ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang pelaksanaannya di 4 kelompok tani ternak terpilih.  Untuk mempersiapkan petani peternak sebelum pelaksanaan dropping ternak dilaksanakan pelatihan.
Materi diberikan secara menyeluruh baik dari segi pengembangan produksi, kesehatan ternak, reproduksi maupun tatacara perguliran. Dari hasil pemberian materi secara lengkap diharapkan anggota kelompok tani penerima bantuan ternak Sapi dapat lebih memahami dan lebih mengetahui tentang budidaya ternak Sapi, tatacara pemeliharaan serta pencegahan penyakit pada ternak dan cara penanganan penyakit yang masih bisa dilakukan sendiri tanpa harus memanggil Tenaga Medis/Paramedis Peternakan.
Pelatihan Teknis Pengembangan Ternak Sapi diikuti oleh 28 orang anggota Kelompok Tani Ternak/Gapoktan terpilih. Masing-masing kelompok mengiirimkan 7 orang anggota kelompok calon penerima bantuan. Pelatihan Teknis Pengembangan Ternak Sapi dilaksanakan di empat  lokasi . Pada Hari Senin, 2 Juli 2012 di Kelompok Tani “Rojo  Mulyo” Desa Jono Kecamatan Bayan; Rabu, 04 Juli 2012 di Kelompok Tani “Rejeki Tani” Desa Bener Kecamatan Bener; Rabu, 11 Juli 2012 Kelompok Tani “Tawangrejo” Kelurahan  Keseneng Kecamatan Purworejo; Rabu, 18 Juli 2012 Kelompok Tani “Tani Lestari” Desa Malang Kecamatan Ngombol.
Pada akhirnya  tujuan dari kegiatan pengembangan ternak sapi ini adalah agar dapat tercapai dan terciptanya Village Breeding Center (VBC) ternak Sapi  baru di Kabupaten Purworejo, sehingga dari banyaknya VBC Sapi, maka petani akan mampu memanfaatkan potensi pakan yang masih melimpah serta mendukung terwujudnya PSDSK 2014.

Tidak ada komentar:

Kurs Mata Uang Hari ini