Selamat Datang

Selamat datang di website resmi/subdomain Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo di http://dinppkp.purworejokab.go.id/, terima kasih.

Rabu, 16 Mei 2012

Harga Karet


Harga karet di Jambi terus menurun dari Rp 30.200/kg pada Februari menjadi Rp 27.700.
Menurut Sekretaris Eksekutif Gapkindo, Hatta Arifin di Talang Banjar, Selasa (15/5/2012) "Harga turun secara perlahan-lahan (tidak langsung drastis). Akhir April harganya Rp 29.800/kg, Senin (14/5) menjadi Rp 28.200".
Penurunan harga karet ini diperkirakan berlangsung selama Mei ini, karena persediaan stok karet di Cina masih banyak, sehingga Cina mengurangi pembelian karet dari Indonesia, kemungkinan habis pada Mei, selepas itu harga karet akan naik kembali.
Menurut Hatta, bisa juga pengaruhnya akibat menguatnya mata uang Jepang terhadap dolar, karena kondisi pascagempa Jepang pada beberapa waktu yang lalu dan ekonomi di Eropa belum ada pertumbuhan ekonomi yang baik sama sekali.
Yang menggembirakan dari hasil misi dagang Gapkindo, pengusaha ban yang terbesar di antaranya Bridgestone, Good Year dan Michelin, tetap komitmen membeli karet Jambi. Mereka mengganggap kualitas kondisi karet Jambi masih konsisten, kualitasnya masih bagus.
Penurunan harga karet, secara otomatis berimbas pada petani karet. Menurutnya, harga karet yang ideal pada posisi Rp 30 ribu/kg.
Harga karet yang disebutkannya ini merupakan harga karet di tingkat perusahaan, untuk harga karet di tingkat petani 50 persen dari harga yang berlaku sekarang dan itu pun tergantung pada kualitasnya.
Pihaknya selalu mengimbau kepada petani agar menjual karet dengan kualitas yang bagus, jangan beranggapan bahwa menjual karet berdasarkan kepada beratnya, karena walalupun bobot karet itu berat, tetapi jika kualitasnya tidak bagus, maka harganya jadi murah.
Saat ini kadar karet kotor yang paling tinggi hanya 18 persen, Disinggung soal produksi karet kering atau crumb rubber, diakui Hatta mengalami kenaikan, misalnya pada Januari, produksi karet sebesar 23.034 ton, pada Februari produksi sebesar 24.705 ton dan pada Maret produksi karet 26.786 ton.

Sumber : http://digital.jakarta.tribunnews.com/index.php/edition/2012/05/16/pagi

Tidak ada komentar:

Kurs Mata Uang Hari ini