Selamat Datang

Selamat datang di website resmi/subdomain Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo di http://dinppkp.purworejokab.go.id/, terima kasih.

Jumat, 04 Mei 2012

Beras Hitam

BERAS HITAM

Sebagaimana namanya, beras ini memang berwarna hitam, tetapi beras hitam bukanlah ketan hitam yang selama ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Beras hitam (Oryza sativa L.indica), merupakan jenis beras yang mengandung antosianin dalam aleron yang lebih tinggi dibanding beras putih.
TABEL KOMPOSISI GIZI BERBAGAI JENIS BERAS
No
Nama bahan
Energi (kkal)
Protein (gram)
Karbohidrat (gram)
Lemak (gram)
Serat (gram)
1
Beras hitam
351
8
1,3
76,9
20,1
2
Beras putih
357
8,4
1,7
77,1
0,2
3
Beras merah
352
7,3
0,9
76,2
0,8
4
Beras ketan putih
361
7,4
0,8
78,4
0,4
5
Beras ketan hitam
360
8
2,3
74,5
1

Berdasarkan tabel di atas, dapat dilihat bahwa kandungan serat beras hitam memiliki nilai yang paling tinggi (20,1), jika dibandingkan dengan beras putih yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari. Serat sangat berpengaruh dalam pengaturan kadar gula darah terutama pada penderita diabetes mellitus.
Menurut Penuntun Diet Penyakit Diabetes Mellitus, asupan serat bagi pasien diabetes mellitus dianjurkan sejumlah 25 gram/hari.
Tjokroprawiro (1996) mengatakan dalam diet Diabetes Mellitus juga diperlukan serat yang dapat menekan kadar glukosa darah sesudah mengkonsumsi makanan.  Serat ini bisa menghambat penyerapan glukosa makanan, sehingga sangat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Beras Hitam di Solo, dikenal sebagai Beras Wulung, di Sleman : Cempo Ireng atau Beras Jlitheng, di Bantul disebut Beras Melik dan di kawasan Cibeusi Subang : Beas Gadog. Pada jaman dahulu, konon hanya petani tertentu (istimewa) saja yang ditunjuk  untuk menanam beras ini, karena beras ini khusus hanya untuk konsumsi keluarga keraton.
Sampai saat ini masih belum diketahui, apakah beras hitam dengan nama sebutan yang berbeda-beda tersebut plasma nutfahnya sama atau memang berbeda. Yang jelas beras hitam ini memiliki keistimewaan, selain umur panennya panjang (5 bulan), mempunyai rasa nasi enak, pulen, wangi dengan kandungan mineral antosianin yang sangat baik untuk kesehatan.
Orang Cina kuno telah mengenal beras hitam ini sebagai beras terlarang, artinya tidak boleh sembarang orang dapat memakannya, hanya kalangan istana dan orang tertentu saja yang boleh memakannya, karena kaya nutrisi. Beras hitam di Cina saat ini berfungsi sebagai obat dan bahan pangan, tetapi hampir punah dan sangat langka keberadaannya.

Akhir-akhir ini peminat beras hitam semakin meningkat, padahal harga beras hitam ini lebih mahal dari beras merah, apalagi beras putih. Peluang ini dapat dimanfaatkan untuk agribisnis, sekaligus sebagai upaya dalam melestarikan peninggalan nenek moyang, agar beras hitam tidak punah.
Kelompok Tani Sarana Makmur Seyegan di Sleman mencatat bahwa padi hitam varietas Compo Ireng mampu berproduksi 4,5 t/ha dengan umur panen 5 bulan.
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta siap untuk bekerjasama apabila diperlukan.

Beberapa informasi harga Beras Hitam, antara lain : di AGROMART, Jl.Thamrin Kabupaten Malang Jawa Timur dijual dengan harga Rp 20.000,- per dus (isi 200 gram), sedangkan beras hitam organik seharga Rp 25.000. 
Harga beras hitam pada penjual dan penyalur/distributor dapat diakses melalui http://berasmerahberasorganikberashitam.wordpress.com/tag/jual-beras-online/

Khasiat Beras Hitam : 
1.  Meningkatkan KETAHANAN TUBUH terhadap penyakit (imunitas)
2.  Memperbaiki kerusakan sel hati (HEPATITIS dan CHIRROSIS)
3.  Mencegah gangguan fungsi GINJAL
4.  Mencegah KANKER dan TUMOR
5.  Memperlambat penuaan
6.  Membersihkan KOLESTEROL dalam darah
7.  Mencegah ANEMIA
8.  Menjaga keseimbangan sistem kerja organ tubuh dan hormon  

CARA penyajiannya adalah dimasak sebagaimana menanak nasi pada umumnya atau dapat dicampur dengan beras putih organik, perbandingannya 1 kg : 4 sendok makan BERAS HITAM.
AIR/TAJIN dari Beras Hitam juga sangat baik untuk dikonsumsi. FUNGSI Beras Hitam adalah untuk mengeluarkan Zat Racun (detoksifikasi) dari dalam tubuh melalui kotoran (faeces), keringat bahkan pada penderita Sinusitas dapat dibuang melalui ingus. Beras Hitam juga dapat bermanfaat sebagai makanan terapi (Food Theraphybagi penderita Kanker, Diabetes, Kolesterol dan Hepatitis.

 

Referensi dari berbagai sumber

3 komentar:

Mardi Yuwono mengatakan...

info bibit dong ke 08158290482 atau ke yuwono_ssm@yahoo.co.id

tks

Unknown mengatakan...

Yg membutuhkan beras ketan hitam hub. 085655592643.. Lokasi Purwosari pasuruan

Unknown mengatakan...

1kl benih beras hitam harganya berapa??

Kurs Mata Uang Hari ini